9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba Selagi Berada di Pulau Dewata

Selain keindahan alamnya, Bali juga menyimpan kekayaan ragam kuliner khas Bali yang enak-enak, yang tidak akan Anda temui di daerah manapun selain di Bali. Lanjutkan membaca →

Makanan khas Bali ini sangat berbeda dengan karakteristik kuliner daerah lain di Indonesia. Di Bali sebagian besar masakannya menonjolkan olahan bumbu-bumbu rempah khas nusantara yang tajam. Sehingga menghasilkan cita rasa makanan yang luar biasa sedapnya. Kami pastikan, rasa kuliner khas bali berikut ini tidak akan Anda temui di daerah mana pun selain di Bali.

1. Ayam dan Bebek Betutu

Ayam betutu ini adalah makan khas Bali yang sangat terkenal sudah dari jaman kerajaan Bali dulu. Dulunya olahan betutu ini ini hanya ada dan disediakan saat ada upacara penting di pura saja. Olahan betutu ini pada jaman dulu hanya dapat dinikmati oleh kaum bangsawan dan kerajaan saja.

Betutu ini terbuat dari bahan dasar ayam atau bebek dan diberi bumbu khas Bali yaitu bumbu genep. Bumbu atau dalam bahasa Bali disebut Base Genep adalah 15 bumbu di jadikan satu. Bumbu genep dimasukkan ke dalam tubuh ayam dan dibungkus dengan daun pisang. Kemudian, ayam ditumpuk dengan bara sekam yang panas atau gabah kering yang menyala sehingga menimbulkan aroma bakaran khas.

Ayam Betutu Khas Gilimanuk Bali

Betutu ini aslinya makanan khas dari Kabupaten Gianyar, tapi lebih terkenal di Gilimanuk. Sekarang, betutu banyak bermunculan di seluruh penjuru Bali. Cita rasanya juga disesuaikan dengan cita rasa masyarakat lokal di setiap daerah.

Umumnya, dalam setiap porsinya berisi 1 ekor ayam atau bebek, sayur plecing kangkung, kacang tanah goreng, kuah betutu, dan sambal matah (sambal mentah). Cita rasa ayam betutu ini sangat pedas, jadi bagi Anda penggemar makanan pedas, ayam betutu ini sangat cocok untuk Anda. Bagi Anda yang tidak suka pedas, bisa mengesampingkan sambalnya.

2. Nasi Campur

Makanan khas bali yang satu ini sangat banyak ditemui di seluruh daerah di Bali. Namun, setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Cita rasa disesuaikan dengan lidah masyarakat sekitar. Setiap Kabupaten di Bali memiliki ciri khas masing-masing.

Nasi Campur Khas Bali

Bagi Anda yang menyukai nasi campur, makanan khas yang satu ini pantang dilewatkan saat Anda sedang berada di Bali. Dalam seporsi nasi campur ayam ini terdapat sayur urap, telor bumbu bali, ayam betutu, ayam goreng, kacang goreng, kulit ayam goreng, dan pelengkapnya sambal mata yang sangat pedas dan gurih. Benar-benar nasi yang dicampur dengan aneka ragam makanan lain.

3. Rujak dan Tipat Cantok

Pasti Anda semua sudah pernah coba rujak di daerah masing-masing. Tapi, apakah sudah pernah coba rujak khas Bali? Belum afdol rasanya ke Bali kalau belum pernah menikmati ruak khas bali dan tipat cantok.

Rujak Khas Bali

Umumnya, penjual rujak di Bali pasti jual tipat cantok. Ini saat yang tepat bagi Anda untuk sekalian mencoba tipat cantok. Mengapa Anda harus mencoba rujak dan tipat cantok? Karena rujak dan tipatnya Bali lain dan unik rasanya.

Tipat Cantok Khas Bali

Rujak di Bali ada banyak macamnya. Ada rujak kuah pindang, rujak gula pasir, rujak serut dan lain-lain. Yang paling unik adalah rujak kuah pindang. Rujak ini dibuat dari campuran kaldu kuah pindang. Rasanya manis, asam, asin, dan gurih. Sedangkan tipat cantok adalah tipat (ketupat/kupat) yang diracik dengan saos kacang, sayur kacang panjang, kangkung, dan taoge.

4. Tipat Blayag dan Tipat Kuah

Tipat blayag ini adalah makan khas Bali yang dulunya berasal dari Singaraja atau Buleleng. Sekarang, tipat blayag sudah bisa Anda temukan hampir di seluruh penjuru Bali. Tampilan tipat blayag ini hampir mirip dengan lontong cap gomeh, tapi ada bedanya.

Tipat Blayag

Dalam seporsi tipat blayag biasanya terdiri dari tipat (ketupat), sayur urap atau sayur kacang panjang, ceker, daging ayam, telor, kacang goreng, dan sambal. Tipatnya pun unik, karena bukan tipat bungkus besar, tapi bungkusnya kecil-kecil. Ukurannya yang kecil memudahkan Anda untuk menyantapnya.

Tipat Kuah

Untuk cita rasanya setiap daerah tidak jauh berbeda, hanya sedikit menyesuaikan dengan selera lokal. Kuahnya berbeda-beda, ada yang kuah kental dan ada yang kuah encer, tergantung selera masing masing. Direkomendasikan kuahnya yang tidak terlalu kental tapi creamy.

5. Nasi Jinggo

Nasi jinggo adalah makanan khas Bali yang sangat mudah Anda temui di seluruh penjuru Pulau Dewata. Mulai dari yang kelas pinggir jalan atau kaki lima sampai ke kelas restoran. Asal mulanya nasi jinggo ini dijadikan makanan pengganjal perut pada kala larut malam ketika semua pedagang makanan sudah tutup. Tapi sekarang nasi jinggo bisa Anda dapatkan di setiap waktu.

Nasi Jinggo Khas Bali

Nasi jinggo ini adalah nasi bungkus yang dibungkus dengan bungkus daun pisang. Isinya sederhana seperti ayam sisit atau ayam suir, saur atau kelapa parut, mie, telur, dan yang utama harus ada sambalnya. Seiring berjalannya waktu, sekarang nasi jinggo banyak dikreasikan isiannya dan porsinya.

Nasi Jinggo ini biasanya dijadikan makanan pengganjal lapar pada malam hari atau untuk sarapan pada pagi hari. Isinya sedikit, nasinya kira-kira seukuran satu kepal orang dewasa. Kalau di Jawa, nasi ini mirip dengan nasi kucing di angkringan.

6. Soto

Makanan khas Bali lainnya adalah soto. Soto khas Bali ini tentunya berbeda dengan soto-soto di daerah lain di indonesia. Soto khas Bali ini kuahnya memakai kuah bening dan di dalamnya ada potongan daging sapi atau daging ayam, babat, bakso, dan ditambah lobak.

Soto Khas Bali

7. Serombotan

Serombotan adalah makan khas bali yang berasal dari Klungkung. Isinya adalah sayur mayur segar diurapi dengan kelapa dan sambal. Rasanya sangat segar dan enak.

Serombotan Klungkung Khas Bali

Dalam satu porsi serombotan terdiri dari sayur pare, kangkung, terong bundar, tauge, kacang panjang, kacang kedelai, kacang tanah, kelapa parut, dan sambal. Setiap daerah di Bali isiannya ada sedikit perbedaan mengikuti selera lokal. Sambal untuk serombotan pun ada banyak macamnya.

8. Lawar Kuwir

Makanan khas Bali yang sanggat populer adalah lawar kuwir. Lawar kuwir adalah campuran sayur mayur dengan daging kuwir. Kuwir adalah daging entok (sejenis bebek) yang dicincang kasar.

Lawar Kuwir Khas Bali

Sayurnya bisa terbuat dari nangka muda, atau bisa juga dari gedebog pisang muda. Sayur tadi diaduk dengan kuah bumbu genep dan sambal embe. Kenikmatan lawar ini tergantung pandainya peracik dalam mencampur semua bumbu-bumbu itu.

9. Sea Food Bakar Sambal Matah

Makanan khas yang satu ini harus kalian nikmati kalau sedang berada di Bali. Sambal matah adalah sambal yang sangat khas. Sedangkan ikan atau sea foodnya hampir sama dengan di daerah lain. Ikan atau seafood biasanya diolesi dengan bumbu kecap dan mentega.

Sambal Matah Khas Bali

Sambal matah khas Bali adalah yang menjadi pembeda utama di sini. Sambal matah ini adalah perpaduan cabai, serai, bawang merah, jeruk limo, sedikit terasi, dan disiram dengan minyak kelapa asli yang masih panas. Rasanya tidak akan ditemukan di tempat lain.

Tulisan ini terakhir disunting pada 27 Maret 2019 03:39

Admin

Admin Makan Halal

Bagikan
Diterbitkan oleh
Admin

Tulisan Terbaru

Langkah Memilih Keju Cheddar yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Keju yang satu ini memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan keju biasa yang disertai dengan rasanya gurih. Lanjutkan membaca…

1 bulan yang lalu

Tiket Miniapolis: Inspirasi Destinasi Wisata Keluarga

Apa itu Miniapolis? Miniapolis merupakan konsep taman bermain yang dikhususkan untuk anak-anak berusia 0-12 tahun. Lanjutkan membaca →

1 bulan yang lalu

Seluruh Produk Wajib Sertifikasi Halal Segera Berlaku

Tak hanya di Indonesia, makanan halal banyak dicari muslim dimana pun mereka berada. Jumlah wisatawan atau pun masyarakat muslim di…

3 bulan yang lalu

KitKat Rasa Teh Tarik ini Cuma Ada di Singapura dan Malaysia

Kabar gembira buat pecinta teh tarik! Kamu mungkin bakalan suka... KitKat rasa teh tarik. :D Lanjutkan membaca →

3 bulan yang lalu

Fried Carrot Cake, Makanan yang Banyak Menipu Para Pelancong di Singapura

Jangan sampai salah apabila Anda hendak memesan Fried Carrot Cake ini ya. Karena memang berbeda dan bukanlah sebuah kue, namun…

7 bulan yang lalu

Uncle Ice Cream, Dessert Legendaris Singapura

Ice Cream Uncle deesert legendaris dan manis yang dapat membuat liburan di Singapura menjadi lebih menyenangkan. Lanjutkan membaca →

7 bulan yang lalu