Kategori: Inspirasi

Pentingnya Safety Riding Ketika Berburu Kuliner Halal

Sudah sepatutnya sebagai pengendara sepeda motor menyadari ini dan mengasah skill atau kemampuan dalam berkendara yang baik dan benar. Lanjutkan membaca →

Sudah sepatutnya sebagai pengendara sepeda motor menyadari ini dan mengasah skill atau kemampuan dalam berkendara yang baik dan benar. Atau istilahnya Safety Riding yang selalu disuarakan oleh para penggiatnya termasuk beberapa club sepeda motor.

Kuliner Safety Riding

Apa itu Safety Riding?

Safety Riding adalah cara berkendara yang baik dan wajib memiliki tingkat keamanan yang cukup baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Sapai saat ini, masih banyak orang bisa mengendarai sepeda motor, namun tidak semua orang memahami cara mengendarai sepeda motor yang baik dan benar. Bahkan untuk memperhatikan keselamatan diri sendiri saja masih banyak yang belum memahaminya, bagaimana dengan memperhatikan keselamatan orang lain di jalan raya? Mungkin tidak sama sekali. Belakangan ini, karena banyaknya kecelakaan yang melibatkan para pengendara roda dua, akhirnya kembali mencuat kampanye untuk berkendara secara aman di jalanan dan juga pusat pelatihan safety riding, yang terbukti sangat bermanfaat bagi banyak orang.

Apa itu Safety Riding? Safety Riding yaitu sebuah bentuk pola perilaku untuk berkendara yang nyaman dan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain (pengendara ataupun pejalan kaki). Ini berarti suatu sikap agar kita mengkondisikan diri agar bagaimana mengendari sepeda motor yang aman serta nyaman, baik untuk diri kita ataupun orang lain.

Masih banyak kita saksikan orang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, atau begitu lambat dan sebagainya yang membahayakan dirinya serta orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor dikarenakan oleh faktor manusia itu sendiri, terkecuali faktor kendaraan serta lingkungan. Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh, mari kita mengenal apa sih safety riding ? Silahkan disimak.

Berikut ini ada beberapa poin penting serta manfaat dari pelatihan safety riding menurut Camargus, seperti yang dilakukan oleh dua pabrikan sepeda motor ternama yaitu Honda, Yamaha, karena sangat berguna ketika sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya.

Point-poin dalam Safety Riding diantaranya :

Kelengkapan kendaraan bermotor standard.
Kaca spion harus ada 2 buah di kiri dan kanan.
Lampu depan, lampu rem, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
Plat Nomor depan belakang

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya kita harus sudah mempersiapkan dulu perlengkapan yang wajib kita bawa dan kita gunakan selama berkendara.

1. SIM adalah hal wajib pertama yang harus dibawa selama melakukan perjalanan ke manapun. Kenapa? Karena SIM adalah syarat mutlak yang harus kita miliki apabila hendak melakukan perjalanan baik menggunakan sepeda motor maupun mobil. Apabila sobat belum memiliki SIM maka Sobat dilarang untuk mengendari kendaraan bermotor.

2. STNK adalah hal wajib kedua yang harus kita bawa selama berkendara. STNK adalah bukti kepemilikan kendaraan bermotor yang sah. Tanpa STNK kendaraan anda akan dinilai sebagai kendaraan illegal oleh kepolisian. Dan apabila sobat terjaring razia yang dilakukan oleh kepolisian maka kendaraan akan disita oleh pihak kepolisian karena kendaraan sobat tidak memiliki surat yang sah secara hukum. Hal ini tertuang dalam pasal 32 ayat (6) PP 80/2012.

3. Helm (minimal Half Face), sebaiknya yang mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers yang hanya menggunakan helm “catok” dan sejenisnya bahkan tidak menggunakannya.

4. Jaket sebaiknya yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin serta efek yang diakibatkan dari benturan kecil maupun besar.

5. Sepatu haruslah yang dapat memberikan kenyamanan serta keamanan seluruh bagian kaki bagi pengendara itu sendiri.

6. Sarung tangan sebaiknya yang memiliki lapisan yang menutupi kedua belah tangan dan dapat menyerap keringan dengan baik serta tidak licin ketika menggenggam handle sepeda motor.

Mematuhi peraturan lalu lintas. Memahami rambu-rambu lalu lintas.

Jauhi berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara. Timbulkan simpati/kekaguman pemakai jalan lain pada perilaku berkendara kita. Tak mudah terprovokasi dengan pengguna jalan lain, tak arogan.

Tahu posisi sesama pengendara/pengguna jalan kalau jalan raya dipakai untuk bersama. Jadi sebisa mungkin hindari perilaku-perilaku seperti meng-klakson berlebihan, memakai aksesori yang bisa mengganggu pengguna jalan lain.

Semua dimulai dari diri sendiri dan untuk diri sendiri serta orang lain. Alangkah baiknya jika hasil yang kita dapat dari materi safety riding ini dapat sobat bagikan sesama pengendara sepeda motor untuk berkendara yang lebih baik.

Buktikanlah bahwa kita mampu untuk berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh terhadap rambu lalu lintas dan menghormati sesama pengendara lain di jalan raya yang akan selalu member contoh positif untuk sesame pengguna jalan raya.

Karena keselamatan adalah segalanya.

Tulisan ini terakhir disunting pada 22 Agustus 2019 22:13

Admin

Admin Makan Halal

Bagikan
Diterbitkan oleh
Admin
Tag: kuliner

Tulisan Terbaru

Asuransi Kendaraan Bermotor Buat Manajemen Risiko Saat Wisata Kuliner

Kegiatan wisata kuliner tidak lepas dari berkendara. Saat wisata kuliner biasanya orang menggunakan kendaaraan pribadi. Namun sedikit yang menggunakan asuransi…

2 bulan yang lalu

Beberapa Resep Cilok Yang Enak dan Gurih

Rasanya yang enak dan gurih ditambah dengan harganya yang murah meriah, sehingga tidak heran kalau cilok ini termasuk sebagai salah…

3 bulan yang lalu

Langkah Memilih Keju Cheddar yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Keju yang satu ini memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan keju biasa yang disertai dengan rasanya gurih. Lanjutkan membaca…

5 bulan yang lalu

Tiket Miniapolis: Inspirasi Destinasi Wisata Keluarga

Apa itu Miniapolis? Miniapolis merupakan konsep taman bermain yang dikhususkan untuk anak-anak berusia 0-12 tahun. Lanjutkan membaca →

5 bulan yang lalu

Seluruh Produk Wajib Sertifikasi Halal Segera Berlaku

Tak hanya di Indonesia, makanan halal banyak dicari muslim dimana pun mereka berada. Jumlah wisatawan atau pun masyarakat muslim di…

7 bulan yang lalu

9 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba Selagi Berada di Pulau Dewata

Selain keindahan alamnya, Bali juga menyimpan kekayaan ragam kuliner khas Bali yang enak-enak, yang tidak akan Anda temui di daerah…

7 bulan yang lalu