Sarapan dengan Nasi Lemak, Kuliner Wajib Kuala Lumpur

Zaman sekarang siapa sih orang yang tidak memiliki keinginan berlibur ke luar negeri? Kemudahan dan kemurahan tiket pesawat maupun tempat…

Zaman sekarang siapa sih orang yang tidak memiliki keinginan berlibur ke luar negeri? Kemudahan dan kemurahan tiket pesawat maupun tempat tinggal untuk menginap membuat para pelancong berkesampatan liburan ke luar negeri. Kesempatan berlibur tersebut selain memanjakan mata para pelancong juga akan memanjakan perut dengan beragam wisata kuliner yang ditawarkan. Pada saat berlibur, wisata kuliner menjadi suatu hal yang tidak dapat terlewatkan. Banyak sekali jenis kuliner yang ditawarkan mulai dari makanan berat, makanan ringan atau sering disebut cemilan hingga berbagai jenis minumannya.

Salah satu negara yang menjadi pilihan bagi pelancong nusantara yang masih coba-coba ke luar negeri adalah ibu kota Malaysia, Yap! Kuala Lumpur. Kota ini menjadi destinasi yang cukup menarik bagi solo traveler maupun rombongan yang baru melakukan perjalanan pertmanya ke luar negeri. Di samping tempatnya yang menarik, kuliner di kota ini masih tergolong murah dan banyak pilihan. Harganya masih tidak jauh berbeda dengan makanan yang ada di Jakarta, rasanya pun juga masih mirip-mirip dengan masakan Indonesia. Salah satu makanan kuliner yang wajib dicoba bagi para pelancong nusantara ketika berkunjung ke Kuala Lummpur adalah Nasi Lemak.

Makanan khas Suku Melayu ini banyak ditemukan di Malaysia yang mana makanan ini telah dianggap sebagai salah satu makanan nasional Malaysia. Nasi Lemak juga bisa dijumpai di Singapura, jika di Indonesia makanan ini dapat ditemukan di pesisir Timur Sumatera, Sumatera Utara, Jambi dan terutama di kepulauan Riau yang langsung berbatasan dengan Malaysia di sebelah Barat. Beberapa daerah di Indonesia yang memiliki makanan dengan citarasa hampir mirip dengan Nasi Lemak meliputi, Jakarta dengan nama makanan Nasi Uduk, Jawa Tengah dengan nama makanan Sega Liwet atau Nasi Liwet, Aceh dengan nama makanan Nasi Gurih, dan yang terakhir Medan dengan nama masakan Nasi Perang.

Di Malaysia sendiri khususnya ketika berada di Kuala Lumpur Nasi Lemak dapat dengan mudah ditemukan. Daerah-daerah wisata seperti Jalan Alor, Bukit Bintang, KL Sentral, Jalan Petalingan, Pasar Seni maupun di Puduraya banyak berjajar rumah makan yang menyajikan hidangan Nasi Lemak tersebut.

Awal mulanya Nasi Lemak digunakan sebagai bekal para petani padi, karet, sawit dan para pekerja kebun lainnya. Namun seiring berkembanganya zaman para penduduk Malaysia menyantap hidangan ini pada pagi hari sebagai menu sarapan. Perpaduan gurihnya nasi yang dimasak dengan santan khusus, lengkuas dan beberapa helai daun pandan membuat nasi memiliki cita rasa gurih dan sedikit berlemak yang keluar dari rebusan santannya. Beras yang digunakan untuk memasak Nasi Lemak juga tidak sembarangan, beras yang digunakan merupakan beras yang pulen dan mawur sehingga nasinya tidak mengumpal seperti nasi yang kebanyakan air saat memasaknya.

Lauk yang wajib ada pada Nasi Lemak diantaranya Telur (kebanyakan di Kuala Lumpur direbus, namun bisa juga digoreng atau didadar, tergantung selera), Ikan bilis atau teri asin, Kacang tanah goreng, sambal cabe merah yang menggoda. Namun sekarang ini Nasi Lemak telah memiliki banyak sekali lauk tambahan seperti, ayam, tempe, tahu, sotong atau cumi-cumi, udang, daging sapi, pete dan masih banyak lagi pilihan lauk tambahannya.

Kebanyakan penjualnya juga merupakan orang Melayu, namun tidak memungkiri juga ada penjual Nasi Lemak yang berasal dari suku Indian. Untuk citarasanya tidak perlu diragukan lagi, kekayaan rempahnya membuat rasa yang kaya dan membuat lidah para pelancong dimanjakan. Kemudian dari segi porsinya juga tidak sedikit, untuk menu sarapan Nasi Lemak tergolong banyak ditambah lauk yang beraneka ragam yang dapat dipilih membuat perut akan terasa kenyang setelah menyantapnya.

Harga Nasi Lemak di Kuala Lumpur

Nah, jika membicarakan makanan bagi para pelancong pasti tidak jauh-jauh juga dari pertanyaa soal harga bagaimana? Untuk harga sendiri satu porsi Nasi Lemak masih tergolong murah. Jika berada di Kuala Lumpur kisaran harganya di antara RM 6 sampai RM 10 saja, tergolong murah bukan.

Satu lagi hal yang sangat penting dari Nasi Lemak adalah “Makanan Halal”, tidak perlu khawatir karena Nasi Lemak memang dimasak oleh kebanyakan orang melayu yang beragama muslim. Selamat mencoba dan semuga memberi manfaat bagi kalian para pelancong yang akan berkunjung ke negeri Jiran ini.

Salam Makan Halal, para pelancong!

Tulisan ini terakhir disunting pada 3 Desember 2018 17:40

Redaksi

Redaksi Makan Halal

Bagikan
Diterbitkan oleh
Redaksi

Tulisan Terbaru

Fried Carrot Cake, Makanan yang Banyak Menipu Para Pelancong di Singapura

Jangan sampai salah apabila Anda hendak memesan Fried Carrot Cake ini ya. Karena memang berbeda dan bukanlah sebuah kue, namun…

2 minggu yang lalu

Uncle Ice Cream, Dessert Legendaris Singapura

Ice Cream Uncle deesert legendaris dan manis yang dapat membuat liburan di Singapura menjadi lebih menyenangkan. Lanjutkan membaca →

2 minggu yang lalu

Tian Tian Hainanese Chicken Rice, Kaki Lima Peraih Micheline Star

Tian Tian Hainanese Chicken Rice merupakan satu-satunya penjual kaki lima peraih penghargaan Michelin Star dengan menu andalan "Chicken Rice" Lanjutkan…

2 minggu yang lalu